Kamis, 07 Agustus 2014

Silabus Akidah Akhlak Kelas 7



SILABUS PEMBELAJARAN: AKIDAH AKHLAK

Mata Pelajaran                      :  AKIDAH AHLAK                                                                                    Satuan pendidikan    : Madrasah Tsanawiyah
Kelas                                       : VII (Tujuh)                                                                                      Semester                        : Ganjil

KOMPETENSI INTI :                    
1.                  Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.                  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.                  Memahamipengetahuan (faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.                  Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di skolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.       Menghayati nilai-nilai akidah Islam
1.2.       Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, maani, dan manawiyah, sifat-sifat  mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT.
1.3.       Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
1.4.       Menghayati  adab salat dan zikir
1.5.       Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya



Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal


2.1.       Menampilkan perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.2.       Menampilkan perilaku mengimani sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, maani, dan manawiyah, sifat-sifat  mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT.
2.3.       Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
2.4.       Terbiasa menerapkan adab salat dan zikir
2.5.       Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya



Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal


3.1.Memahami dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam














4.1.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam


3.1.1.      Menjelaskan pengertian akidah Islam
3.1.2.      Mengidentifikasi dalil tentang akidah Islam
3.1.3.      Menguraikan dasar-dasar akidah Islam
3.1.4.      Menyimpulkan tujuan akidah Islam
3.1.5.      Membandingkan hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman,islam,dan ihsan)

4.1.1.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam.
Dalil, Dasar, Dan Tujuan Akidah Islam







Fakta dan fenomena kebenaran Akidah Islam
Mengamati:
·         Menyaksikan gambar, taangan vedio tentang venomena kebenaran akidah Islam
·         Membaca dan menyimak ayat tentang akidah Islam

Menanya:
·         Secara berpasangan melakukan tanya jawab tentang akidah Islam
·         Menuliskan pertanyaan tentang akidah Islam

Mengeksplorasi:
·         Membaca buku siswa dan buku sumber materi  tentang akidah Islam
·         Mengakses internet untuk mendapatkan informasi dan bahan bacaan yang sesuai materi pembelajaran
·         Mendiskusikan dalil, pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman, islam,dan ihsan),serta kebenaran akidah Islam


Mengasosiasi:
·         Menelaah dan menghubungkan apa yang didapatkan dengan pengalaman yang dimiliki
·         Merumuskan kesimpulan makna dalil, pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman,islam,dan ihsan) tentang akidah islam,iman,islam,dan ihsan
·         Membuat kesimpulan fenomena-fenomena tentang kebenaran akidah Islam

Mengkomunikasikan:
·         Presentasi hasil diskusi dan analisis dalil tentang akidah  islam,iman,islam,dan ihsan,dalil dan hubungan antara satu dan lainnya,serta fenomena-fenomena kebenaran akidah Islam

Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan


2-TM
(4 x 40)
·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung

3.2.      Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, maani, dan manawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.


4.2.Menyajikan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah SWT
3.2.1.      Menjelaskan pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.2.      Mengidentifikasi dalil tentang sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.3.      Menguraikan  pengertian sifat mustahil bagi Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.4.      Membandingkan  sifat wajib,sifat jais sifat mustahil Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.5.      Menyimpulkan sifat-sifat Allah yang harus dimengerti orang beriman


4.2.1.      Menunjukkan  contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah Swt.

Sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, maani, dan manawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.














Contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil dan jaiz

Mengamati :
·         Mengamati gambar-gambar dan atau video yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga sifat-sifat Allah SWT.
·         Menyimak penjelasan guru tentang pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah, sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT.

Menanya:
·         Melakukan tanya jawab tentang maksud dan makna yang terkandung dalam gambar-gambar dan atau video yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga sifat-sifat Allah SWT.
·         Menanyakan ulang tentang pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT.

Mengeksplorasi :
·         Membaca dari berbagai sumber materi tentang sifat-sifat Allah SWT. Beserta dalil-dalilnya
·         Mendiskusikan pengertian,contoh orang yang mengimani pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT.
·         Menggali dari berbagai sumber/media tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah SWT.

Mengasosiasi:
·         Saling mencocokkan rumusan tentang pengertiansifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
·         Membuat peta konsep tentangpembagian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
·         Menyimpulkan contoh-contoh perilaku orang yang mengimani sifat-sifat Allah SWT.
·         Menyimpulkan fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah SWT.

Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan /menyajikan contoh  tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil dan jaiz
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan


4-TM
(4 x 40)
·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung

3.3.      Memahami pengertian, contoh, dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat





4.3.      Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan


3.3.1.Menjelaskan pengertian ikhlas beribadah
3.3.2. Mengidentifikasi dalil tentang  taat beribadah
3.3.3. Menganalisis contoh khauf,
3.3.4. Mendiskripsikan dampak positif tobat
3.3.5.Mengevaluasi perilaku ikhlas
4.3.1.      Menceritakan kisah/fenomena yang muncul berkaitan dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan tobat dalam kehidupan sehari-hari













Pengertian,contoh dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat.





Kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan tobat dalam fenomena kehidupan





Mengamati :
·         Mendengar penjelasan guru tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·         Mengamati contoh gambar/video tentang Akhlak Terpuji

Menanya
·         Melakukan tanya jawab pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·         Melakukan tanya jawab maksud dari gambar/video tentang akhlak terpuji

Mengeksplorasi:
·         Menggali informasti tentang pengertianikhlas, taat, khauf, dan tobat
·         Berdiskusi tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat

Mengasosiasi:
·         Tukar informasi tentang cara melakukan ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·         Membuat peta konsep tentang pengertiansifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat

Mengkomunikasikan
·         mempresentasikan /menyajikan hasil diskusi tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan


3 TM
(6 x 40)
·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung

3.4.      Memahami adab salat dan zikir










4.4.      Mensimulasikan adab salat dan zikir


3.4.1.Menjelaskan pengertian adab salat
3.4.2  Mengidentifikasi dalil tentang adab salat
3.4.3  Menganalisis adab-adab salat
3.4.4  Mendiskripsikan ada- adab berdzikir
3.4.5.Mengevaluasi perilaku orang yang mengamalkan adab sholat/dzikir

4.4.1  Mempraktikkan adab salat/zikir
Adab Salat Dan Zikir

Mengamati:
·         Menyimak  penjelasan guru tentang adab salat dan zikir mengamati adab salat dan zikir dengan video visual

Menanya:
·         Menanyakan ulang tentang adab salat dan zikir
·         Melakukan tanya jawab terkait dengan materi adab salat dan zikir

Mengeksplorasi:
·         Menggali informasi tentang adab salat
·         berdiskusi tentang adab salat dan zikir

Mengasosiasi:
·         Mengaitkan apa yang diperoleh dan penjelasan guru.
·         Menyimpulkan hasil diskusi tentang adab dandzikir

Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan/menyajikan konsep hasil diskusi
·         Mempraktikkan adab salat dan zikir
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan


3 TM
(6 x 40)
·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung

3.5.      Menganalisis kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya









4.5 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya

3.5.1.      Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.5.2.      Mengidentifikasi  hikmah kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.3.      Menganalisis isi kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.4.      Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani sifat Nabi Sulaiaman a.s.
3.5.5.      Menyimpulkan isi kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.



4.5.1.      Menyajikan cuplikan kisah-kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya






Mengamati:
·         Memperhatikan tayangan kisah Nabi Sulaiman dan umatnya

Menanya:
·         Memberi umpan balik tentang kisah Nabi Sulaiman dan umatnya tersebut

Eksplorasi:
·         Menggali informasi tentang adab salat dan doa melalui buku sumber,majalah, internet, lingkungan
·         Mendiskusikan keteladanan Nabi Sulaiman
·         Mengidentifikasi keteladanan kisah Nabi Sulaiman

Mengasosiasikan:
·         Menyimpulkan contoh-contoh keteladanan nabi Sulaiman a.s. dari kisah-kisah yang dibaca

Mengkomunikasikan:
·         Menceritakan contoh keteladanan nabi Sulaiman a.s.
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan


3 TM
(6 x 40)
·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung












SILABUS MATA PELAJARAN: AKIDAH AKHLAK

Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah,                     Mata Pelajaran:  AKIDAH AKHLAK,                 Kelas/Smt: VII/ Genap

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.    Meyakinisifat-sifat Allah SWT. melalui al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
1.2.    Meyakiniadanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
1.3.    Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq
1.4.    Menghayati adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
1.5.    Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi




Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal


2.1.   Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
2.2.   Memilikiperilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
2.3.Membiasakan diri menghindari akhlak tercela riya’ dan nifaq
2.4.Terbiasa menerapkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
2.5.Menghayati kisah keteladanan Ashabul Kahfi



Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal


3.1.       Menguraikan al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)






4.1.      Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)















3.1.1   Menyebutkan 9 nama asmaul Husna
3.1.2     Menjelaskan arti masing- masing asmaul Husna
3.1.3     Menunjukkan dalil tentang masing-masing sub asmaul Husna
3.1.4        Mendiskripsikan manfaat perilaku meneladani  asmaul husna.
3.1.5        Menyimpulkan pelajaran baik dari asmaul husna

4.1.1 Menyajikan fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, yang terkait dengan penerapan asmaul Husna.



·         Nama-nama asmaul Husna
·         Pengertian asmaul husna
·         Dalil naqli dan aqli tentang asmaul husna































Mengamati:
·         memperhatikan dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi

Menanya:
·         bertanya,  dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan asma’ al Husna
·         Membaca  atau membuka wawasan tentang sifat dan nama Allah SWT(al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)

Eksplorasi:
·          Mencari dan menemukan sumber belajar, menganaalisis, menalar, dengan mencari  kisah-kisah  atau fenomena  yang menggambarkan nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)

Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi tentang nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
·         Menyimpulkan informasi tentang nama Allah

Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena  atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi sub asmaul Husna.
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan



3 TM
(6 x 40)























·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung












3.2.       Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan









4.2.       Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan


3.2.1 Menjelaskan dalil-dalil yang terkait dengan  malaikat
3.2.2.Menganalisis tugas-tugas Malaikat
3.2.3. Mengidentifikasi sifat-sifat Malaikat
3.2.4.Mengidentifikasi karakteristik makhluk ghaib lainya
3.2.5.Menyimpulkan tatacara menjaga diri agar terhindar dari pengaruh makhluk ghoib

4.2.1.      Mempresentasikan karakteristik makhluk hgoib seperti jin, iblis, dan setan


·      Pengertian tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta mahluk ghaib
·      Kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan


Mengamati:
·         Mengamati gejala alam untuk memberi bekal tentang hal-hal yang bersifat gaib seperti peristiwa angin, perilaku orang yang melakukan larangan Allah
Menanya:
·         Saling bertanya tentang malaikat, makhluk gaib dan bagaimana mempercayai hal-hal yang gaib

Mengeksplorasi:
·         Menggali informasi tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan

Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan

Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan antar kelompok tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan

Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan


3 TM
(6 x 40)


·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung






3.3.        Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq

4.3.       Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari


3.3.1.Menjelaskan pengertian riya
3.3.2.Menjelaskan pengertian nifaq
3.3.3. Mengidentifikasi akhlak tercela riya’ dan nifaq
3.3.4. Menganalisis pengaruh  negatif riyak dalam kehidupan
3.3.5. Menyimpulkan hikmah menghindari akahlak negatif



4.3.1.Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari


·       Pengertian akhlak riya dan nifaq
·       Ciri-ciri riya’
·       Ciri-ciri nifaq
·       Cnth riya dan nifaq
Mengamati:
·         Gejala prilaku akhlak tercela riya’ dan nifaq
Menanya;
·         Memberi tanggapan  praktik perilaku dalam kehidupan sehari-hari tentang ahlak tercela riya’ dan nifaq

Mengeksplorasi:
·         Menggali informasi tentang akhlak tercela riya’ dan nifaq

Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi dalam mengelompokkan akhlak tercela riya’ dan nifaq

·         Mengkomunikasikan:
Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan


3 TM
(6 x 40)


·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung

3.4.       Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
4.4.        Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa

3.4.1. Menjelaskan adab membaca al-Qur’an
3.4.2.Mengidentifikasi dalil tentang adab membaca al-Qur’an
3.4.3.Menganalisis jenis- jenis adab membaca al-Qur’an
3.4.4.Mendiskripsikan adab berdoa yang dianjurkan Nabi
3.4.5. Menyimpulkan hikmah mengamalkan adab berdoa
4.4.1.Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa


Tata cara Adab Membaca Al-Qur’an dan Adab berdoa
Mengamati:
·         Mencermati beberapa gambar tentang adab membaca al-Qur’an dan adab berdoa

Menanya;
·         Memberi tanggapan tentang adab membaca al-Qur’an dan adab berdoa

Mengeksplorasi
·         Menggali informasi tentang adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa

Mengasosiasikan:
·         Mengidentifikasi persamaan atau perbedaan tentang adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
·         Menyimpulkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa

Mengkomunikasikan:
·         Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan
2 TM
(4 x 40)


·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung

3.5.             Menganalisiskisah keteladanan Ashabul Kahfi

4.5.               Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi

3.5.1.    Menjelaskan kisah Ashabul Kahfi.
3.5.2.    Mengidentifikasi  hikmah kisah Ashabul Kahfi
3.5.3.    Menganalisis isi kisah keteladanan Ashabul Kahfi.
3.5.4.    Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani Ashabul Kahfi.
3.5.5.    Menyimpulkan isi kisah keteladanan Ashabul Kahfi.



4.5.2.      Menyajikan cuplikan kisah menarik keteladanan Ashabul Kahfi

Kisah keteladanan Ashabul Kahfi
Mengamati:
·         Membaca buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi

Menanya:
·         Memberi tanggapan tentang kisah yang dibaca tentang Membaca buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi

Mengeksplorasi:
·         Menggali  informasi tentang cerita keteladanan Askahbul Kahfi

Mengasosiasikan:
·         Menyusun cerita secara sistematis tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi
·         Membuat resume tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi

Mengkomunikasikan:
·         Menceritakan secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi

Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan


3 TM
(6 x 40)


·         Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·         Buku Ensiklopedi Islam,
·         Al-Quran dan Tafsir,
·         Lingkungan alam yang mendukung
·         Akses internet yang mendukung

Bandung, 17 Juli 2014
Tim Penyusun Silabus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar