SILABUS PEMBELAJARAN:
AKIDAH AKHLAK
Mata
Pelajaran : AKIDAH AHLAK Satuan pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Kelas : VII (Tujuh) Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahamipengetahuan
(faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba,mengolah,dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di skolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1.
Menghayati
nilai-nilai akidah Islam
1.2.
Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT.
1.3.
Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
1.4.
Menghayati adab salat dan zikir
1.5.
Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
|
|
|
Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal
|
|
|
|
2.1.
Menampilkan
perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.2.
Menampilkan perilaku mengimani
sifat-sifat wajib Allah
yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT.
2.3.
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
2.4.
Terbiasa menerapkan adab salat dan zikir
2.5.
Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
|
|
|
Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal
|
|
|
|
3.1.Memahami dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam
4.1.Menyajikan fakta dan
fenomena kebenaran akidah Islam
|
3.1.1.
Menjelaskan
pengertian akidah Islam
3.1.2.
Mengidentifikasi
dalil tentang akidah Islam
3.1.3.
Menguraikan
dasar-dasar akidah Islam
3.1.4.
Menyimpulkan
tujuan akidah Islam
3.1.5.
Membandingkan
hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman,islam,dan ihsan)
4.1.1.Menyajikan
fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam.
|
Dalil, Dasar, Dan Tujuan Akidah Islam
Fakta
dan fenomena kebenaran Akidah Islam
|
Mengamati:
·
Menyaksikan gambar, taangan vedio tentang
venomena kebenaran akidah Islam
·
Membaca dan menyimak ayat
tentang akidah Islam
Menanya:
·
Secara berpasangan melakukan tanya jawab tentang akidah Islam
·
Menuliskan pertanyaan tentang akidah
Islam
Mengeksplorasi:
·
Membaca buku siswa dan buku sumber materi
tentang akidah Islam
·
Mengakses internet untuk mendapatkan
informasi dan bahan bacaan yang sesuai materi pembelajaran
·
Mendiskusikan dalil, pengertian,dasar, dan
tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman, islam,dan ihsan),serta kebenaran akidah Islam
Mengasosiasi:
·
Menelaah dan menghubungkan apa yang
didapatkan dengan pengalaman yang dimiliki
·
Merumuskan kesimpulan makna dalil, pengertian,dasar, dan tujuan akidah
islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman,islam,dan ihsan) tentang akidah
islam,iman,islam,dan ihsan
·
Membuat kesimpulan fenomena-fenomena tentang
kebenaran akidah Islam
Mengkomunikasikan:
·
Presentasi hasil diskusi dan analisis dalil
tentang akidah islam,iman,islam,dan
ihsan,dalil dan hubungan antara satu dan lainnya,serta fenomena-fenomena
kebenaran akidah Islam
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
2-TM
(4 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
|
3.2.
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah
SWT.
4.2.Menyajikan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah
SWT
|
3.2.1.
Menjelaskan pengertian sifat wajib Allah yang
nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.2.
Mengidentifikasi dalil tentang sifat wajib Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.3.
Menguraikan pengertian sifat mustahil
bagi Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.4.
Membandingkan sifat wajib,sifat jais
sifat mustahil
Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.5.
Menyimpulkan sifat-sifat Allah yang harus
dimengerti orang beriman
4.2.1.
Menunjukkan
contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari
sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah Swt.
|
Sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah
beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi
Allah SWT.
Contoh
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,
mustahil dan jaiz
|
Mengamati :
·
Mengamati gambar-gambar dan atau video yang berhubungan dengan
fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga sifat-sifat Allah SWT.
·
Menyimak penjelasan guru tentang pengertian sifat wajib
Allah yang nafsiyah salbiyah,
ma’ani dan maknawiyah, sifat
mustahil,dan jaiz Allah SWT.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab tentang maksud dan makna yang terkandung dalam
gambar-gambar dan atau video yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam
yang berhubungan denga sifat-sifat Allah SWT.
·
Menanyakan ulang tentang
pengertian
sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani
dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT.
Mengeksplorasi :
·
Membaca dari berbagai
sumber materi tentang sifat-sifat Allah SWT. Beserta dalil-dalilnya
·
Mendiskusikan
pengertian,contoh orang yang mengimani pengertian sifat wajib
Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz
Allah SWT.
·
Menggali dari berbagai
sumber/media tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti
dari sifat-sifat Allah SWT.
Mengasosiasi:
·
Saling mencocokkan
rumusan tentang pengertiansifat wajib Allah yang
nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
·
Membuat peta konsep
tentangpembagian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan
maknawiyah
·
Menyimpulkan
contoh-contoh perilaku orang yang mengimani sifat-sifat Allah SWT.
·
Menyimpulkan fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti
dari sifat-sifat Allah SWT.
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
/menyajikan
contoh
tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat
wajib, mustahil dan jaiz
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
4-TM
(4 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
|
3.3.
Memahami pengertian, contoh, dan dampak positif sifat ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
4.3.
Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak
positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan
|
3.3.1.Menjelaskan pengertian ikhlas beribadah
3.3.2. Mengidentifikasi dalil tentang taat beribadah
3.3.3. Menganalisis contoh khauf,
3.3.4. Mendiskripsikan dampak positif tobat
3.3.5.Mengevaluasi perilaku ikhlas
4.3.1.
Menceritakan
kisah/fenomena yang muncul berkaitan dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan
tobat dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengertian,contoh dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat.
Kisah-kisah
yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan
tobat dalam fenomena kehidupan
|
Mengamati :
·
Mendengar penjelasan guru tentang pengertian ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
·
Mengamati contoh gambar/video tentang Akhlak Terpuji
Menanya
·
Melakukan tanya jawab pengertian ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
·
Melakukan tanya jawab
maksud dari gambar/video tentang akhlak terpuji
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasti tentang
pengertianikhlas,
taat, khauf, dan tobat
·
Berdiskusi tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
Mengasosiasi:
·
Tukar informasi tentang cara melakukan ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·
Membuat peta konsep tentang pengertiansifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan /menyajikan hasil diskusi
tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
|
3.4.
Memahami adab salat dan zikir
4.4.
Mensimulasikan adab salat dan zikir
|
3.4.1.Menjelaskan
pengertian adab salat
3.4.2 Mengidentifikasi dalil tentang adab salat
3.4.3 Menganalisis adab-adab salat
3.4.4 Mendiskripsikan ada- adab berdzikir
3.4.5.Mengevaluasi
perilaku orang yang mengamalkan adab sholat/dzikir
4.4.1 Mempraktikkan adab salat/zikir
|
Adab Salat Dan Zikir
|
Mengamati:
·
Menyimak
penjelasan guru tentang adab salat dan zikir mengamati adab salat dan
zikir dengan video visual
Menanya:
·
Menanyakan ulang tentang adab salat dan zikir
·
Melakukan tanya jawab terkait dengan materi adab salat dan zikir
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang adab salat
·
berdiskusi tentang adab salat dan zikir
Mengasosiasi:
·
Mengaitkan apa yang diperoleh dan penjelasan guru.
·
Menyimpulkan hasil diskusi tentang adab
dandzikir
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan/menyajikan konsep hasil
diskusi
·
Mempraktikkan adab salat dan zikir
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
|
3.5.
Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Sulaiman dan umatnya
4.5 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan
umatnya
|
3.5.1.
Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s.
3.5.2.
Mengidentifikasi hikmah kisah keteladanan
nabi Sulaiman a.s.
3.5.3.
Menganalisis isi kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.4.
Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani sifat Nabi Sulaiaman a.s.
3.5.5.
Menyimpulkan isi kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
4.5.1.
Menyajikan cuplikan kisah-kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s.
|
Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
|
Mengamati:
·
Memperhatikan tayangan kisah Nabi Sulaiman
dan umatnya
Menanya:
·
Memberi umpan balik tentang kisah Nabi
Sulaiman dan umatnya tersebut
Eksplorasi:
·
Menggali informasi tentang adab salat dan doa melalui buku sumber,majalah, internet,
lingkungan
·
Mendiskusikan keteladanan Nabi Sulaiman
·
Mengidentifikasi keteladanan kisah Nabi
Sulaiman
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan contoh-contoh keteladanan
nabi Sulaiman a.s. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan contoh keteladanan nabi
Sulaiman a.s.
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas
VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
|
SILABUS MATA PELAJARAN: AKIDAH AKHLAK
Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah,
Mata Pelajaran: AKIDAH AKHLAK, Kelas/Smt: VII/
Genap
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1.
Meyakinisifat-sifat Allah SWT. melalui al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
1.2.
Meyakiniadanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib
lainnya, seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
1.3.
Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq
1.4.
Menghayati adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
1.5.
Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi
|
|
|
|
Observasi
Penilaian
diri:
Penilaian
Sejawat
Catatan
Jurnal
|
|
|
2.1. Meneladani sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
2.2. Memilikiperilaku beriman kepada
malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam
fenomena kehidupan
2.3.Membiasakan diri menghindari akhlak tercela riya’ dan
nifaq
2.4.Terbiasa menerapkan adab membaca Al-Qur’an dan adab
berdoa
2.5.Menghayati kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
|
|
|
Observasi
Penilaian
diri:
Penilaian
Sejawat
Catatan
Jurnal
|
|
|
3.1.
Menguraikan al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
4.1.
Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat
Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
|
3.1.1 Menyebutkan 9 nama asmaul Husna
3.1.2
Menjelaskan arti masing-
masing
asmaul Husna
3.1.3
Menunjukkan dalil tentang
masing-masing sub asmaul Husna
3.1.4
Mendiskripsikan manfaat perilaku
meneladani asmaul husna.
3.1.5
Menyimpulkan
pelajaran baik dari asmaul husna
4.1.1 Menyajikan
fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, yang terkait dengan
penerapan asmaul Husna.
|
·
Nama-nama
asmaul Husna
·
Pengertian
asmaul husna
·
Dalil naqli
dan aqli tentang asmaul husna
|
Mengamati:
·
memperhatikan dan
mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
bertanya, dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan asma’ al Husna
·
Membaca atau membuka wawasan tentang sifat dan nama
Allah SWT(al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr,
al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
Eksplorasi:
·
Mencari dan menemukan sumber belajar, menganaalisis, menalar, dengan
mencari kisah-kisah atau fenomena yang menggambarkan nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar
informasi tentang nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
·
Menyimpulkan informasi tentang
nama Allah
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi
sub asmaul Husna.
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
3.2.
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah
serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
4.2.
Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang
kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
3.2.1 Menjelaskan dalil-dalil yang terkait dengan malaikat
3.2.2.Menganalisis tugas-tugas Malaikat
3.2.3. Mengidentifikasi sifat-sifat Malaikat
3.2.4.Mengidentifikasi karakteristik makhluk ghaib
lainya
3.2.5.Menyimpulkan tatacara menjaga diri agar terhindar
dari pengaruh makhluk ghoib
4.2.1.
Mempresentasikan
karakteristik makhluk hgoib seperti jin,
iblis, dan setan
|
· Pengertian tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta
mahluk ghaib
· Kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran
adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
Mengamati:
·
Mengamati gejala alam
untuk memberi bekal tentang hal-hal yang bersifat gaib seperti peristiwa
angin, perilaku orang yang melakukan larangan Allah
Menanya:
·
Saling bertanya
tentang malaikat, makhluk gaib dan bagaimana mempercayai
hal-hal yang gaib
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang
tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin,
iblis, dan setan
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar
informasi tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib
lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
antar kelompok tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk
gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
3.3.
Memahami akhlak tercela
riya’ dan nifaq
4.3.
Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq
serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3.1.Menjelaskan pengertian
riya
3.3.2.Menjelaskan pengertian
nifaq
3.3.3. Mengidentifikasi akhlak
tercela riya’ dan nifaq
3.3.4. Menganalisis
pengaruh negatif riyak dalam kehidupan
3.3.5. Menyimpulkan hikmah
menghindari akahlak negatif
4.3.1.Mensimulasikan contoh
perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Pengertian akhlak riya dan nifaq
· Ciri-ciri riya’
· Ciri-ciri nifaq
· Cnth riya dan nifaq
|
Mengamati:
·
Gejala
prilaku akhlak tercela riya’ dan nifaq
Menanya;
·
Memberi
tanggapan praktik perilaku dalam
kehidupan sehari-hari tentang ahlak tercela riya’ dan nifaq
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasi tentang akhlak tercela riya’ dan nifaq
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar
informasi dalam mengelompokkan akhlak tercela riya’ dan nifaq
·
Mengkomunikasikan:
Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
3.4.
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
4.4.
Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
3.4.1.
Menjelaskan adab membaca al-Qur’an
3.4.2.Mengidentifikasi
dalil tentang adab membaca al-Qur’an
3.4.3.Menganalisis
jenis- jenis adab membaca al-Qur’an
3.4.4.Mendiskripsikan
adab berdoa yang dianjurkan Nabi
3.4.5.
Menyimpulkan hikmah mengamalkan adab berdoa
4.4.1.Mempraktikkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
Tata
cara Adab Membaca Al-Qur’an dan Adab berdoa
|
Mengamati:
·
Mencermati
beberapa gambar tentang adab membaca al-Qur’an dan adab berdoa
Menanya;
·
Memberi
tanggapan tentang adab membaca al-Qur’an dan adab berdoa
Mengeksplorasi
·
Menggali
informasi tentang adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
Mengasosiasikan:
·
Mengidentifikasi
persamaan atau perbedaan tentang adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
·
Menyimpulkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
Mengkomunikasikan:
·
Mempraktikkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
2 TM
(4 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
3.5.
Menganalisiskisah keteladanan Ashabul Kahfi
4.5.
Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
3.5.1. Menjelaskan
kisah Ashabul
Kahfi.
3.5.2. Mengidentifikasi hikmah
kisah Ashabul
Kahfi
3.5.3. Menganalisis
isi kisah keteladanan
Ashabul
Kahfi.
3.5.4. Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani Ashabul Kahfi.
3.5.5. Menyimpulkan
isi kisah keteladanan
Ashabul
Kahfi.
4.5.2.
Menyajikan cuplikan kisah menarik keteladanan Ashabul Kahfi
|
Kisah
keteladanan Ashabul Kahfi
|
Mengamati:
·
Membaca buku
tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi
Menanya:
·
Memberi
tanggapan tentang kisah yang dibaca tentang Membaca buku tentang kisah
keteladanan Ashabul Kahfi
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang cerita keteladanan
Askahbul Kahfi
Mengasosiasikan:
·
Menyusun
cerita secara sistematis tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi
·
Membuat
resume tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan
secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku
Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran
dan Tafsir,
·
Lingkungan
alam yang mendukung
·
Akses
internet yang mendukung
|
Bandung,
17 Juli 2014
Tim
Penyusun Silabus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar