SILABUS PEMBELAJARAN: AL-QUR’AN
HADIS
Satuan
Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas :
VII (Tujuh) Semester : Ganjil
Kompetensi Inti :
(K1) :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3) :
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.1 Meyakini Al-Qur’an dan hadis
sebagai pedoman hidup
1.2 Meyakini isi kandungan hadis tentang iman dan hadis
tentang ibadah yang diterima Allah adalah yang
dilakukan dengan ikhlas.
1.3 Menghayati kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq
(113) dan al-Ikhlas
(112) tentang keesaan Allah
|
|
|
|
·
Observasi
·
Catatan -Jurnal
·
Penilaian diri
·
Penilaian sejawat
|
|
·
|
2.1
Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan
2.2
Terbiasa
beribadah dan berdoa sebagai penerapan isi kandungan Q.S. al-Fatihah(1), an-Nas (114), al-Falaq (113)
dan al-Ikhlas (112) dalam kehidupan
sehari-hari
2.3
Terbiasa beribadah sebagai penerapan isi kandungan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah
|
|
|
|
·
Observasi
·
Catatan -Jurnal
·
Penilaian diri
·
Penilaian sejawat
|
|
|
3.1
Memahami
kedu-dukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
4.1
Mempraktikkan ca-ra
hidup yang sesuai dengan Al Qur’-an dan hadis
|
3.1.1 Mendefinisikan pengertian
al-Qur’an
3.1.2 Menjelaskan pengertian
al-hadis
3.1.3 Mengidentifikasi fungsi
Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
3.1.4 Menyimpulkan kedudkan al-hadis
sebagai pedoman hidup
3.1.5 Mendiskripsikan cara efektif
memfungsikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.1 Mempresentasikan ciri
prilaku hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis
|
·
Kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
umat manusia
·
Kedudukan dan fungsi Al-Hadis sebagai pedoman hidup
umat manusia
|
Mengamati
· Mengamati gambar,
tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan
kedudukan Al-Qur’an dan hadis
Mengexplorasi
·
Secara berkelompok mencari informasi yang
terkait dengan pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis,
dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup dari berbagai sumber;
buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak.
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan dan merumuskan hasil
pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis
sebagai pedoman hidup.
· Secara berkelompok melakukan analisis
dan koreksi terhadap hasil rumusan tentang pengertian
Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan
hadis sebagai pedoman hidup.
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat
dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Menyajikan paparan hasil
pencarian informasi tentang pengertian
Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
· Memberikan tanggapan papararan hasil pencarian informasi tentang
pengertian Al-Qur’an dan hadis,
fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia..
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an dan
hadis
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
· Membuat paparan tentang
pengertian
Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai
pedoman hidup
Tes
· Tes tulis
· Praktik/performance
|
2 TM
(4 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
3.2. Memahami isi kan-dungan Q.S. al-Fatihah(1),
an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) tentang
tauhid dalam konsep Islam
4.2
Menunjukkan sikap
orang yang memiliki tauhid sesuai isi kandungan Q.S.
al-Fatihah
(1), an-Nas
(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112).
|
3.2.1
Menjelaskan arti surah al-Fatihah (1),
3.2.2 Menerangkan
kandungan surah an-Nas (114),
3.2.3
Mendiskripsikan tafsir surah al-Falaq (113)
3.2.4
Mengidentifikasi isi surah al-Ikhlas (112)
3.2.5
Menyimpulkan isi surah yang dipelajari
4.2.1 Mempresentasikan
contoh-contoh sikap orang yang bertauhid sesuai isi
kandungan Q.S. al-Fatihah
(1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan
al-Ikhlas (112)
|
·
Ayat-ayat Al-Qur’an
Tentang tauhid (QS. al Fatihah, QS. an-Nas,
QS. al-Falaq,QS. al-Ikhlas.
|
Mengamati
·
Mengamati gambar atau tayangan tentang semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
·
Menyimak bacaan secara tartil dari Q.S. al-Fatihah (1), Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113) dan Q.S. al-Ikhlas (112)
·
Mengamati gambar foto atau tayangan
vedio tentang sikap tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113) dan Q.S. al-Ikhlas (112)
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik
mengajukan pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait
dengan tayangan yang telah dicermatinya.
Mengeksplorasi
· Secara
kelompok menggali informasi tentang isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) dari berbagai sumber;
buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari macam-macam bacaan
secara tartil dari Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114),
al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari berbagai rekaman bacaan.
Mengasosiasi
· Menganalisis, mengoreksi, dan
memperbaiki hasil penterjemahan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Diskusi tentang tauhid sesuai isi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Merumuskan hasil penggalian informasi
tentang kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114),
al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat
dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
·
Menanggapi paparan kandungan Q.S. Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)
· Secara berpasangan,
menghafalkan secara tartil Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)
|
Tugas
·
Membuat resume hasil
diskusi
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)
Tes
· Tes tulis
·
Tes Lisan
|
3 TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
3.3.Memahami
keter-kaitan isi kandungan hadis tentang iman
riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan
hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... )
dan
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله ...)
dan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar
dari Ai-uappaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan
hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
dalam
fenomena kehidupan dan akibatnya
4.3. Menunjukkan sikap
orang yang beriba-dah didasari keikh-lasan sesuai hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi
Thalib dari Ibnu Majah:
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan
hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab:
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah:
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله …(
dan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah riwayat Al-Bazzar
dari Adh-Dhahlaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan
hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
|
3.1.1 Menjelaskan arti hadis tentang
iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
3.1.2 Mengidentifikasi hadis
tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Ai-uappaq
3.1.3 Menyimpulkan sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi
Thalib dari Ibnu Majah
3.1.4 Mendiskripsikan salah
satu cara hidup ikhlas yang sesuai al-Hadis.
3.1.5 Membandingkan beberapa isi hadis tentang ibadah yang
diterima
4.3.1
Mempresentasikan contoh sikap orang yang beribadah didasari keikh-lasan sesuai hadis
|
4 Hadis-hadis ten-tang Iman
-
Hadis
الإيمان معرفة
بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان
-
Hadis
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... )
-
Hadis
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله ...)
-
Hadis
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
-
Hadis
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
Terjemah
hadis tentang iman amal yang diterima Allah SWT.
Kandungan
hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
|
Mengamati
·
Mengamati gambar atau tayangan atau kisah
tentang orang Islam yang memiliki keteguhan iman dan beramal sesuai dengan
isi hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT .
·
Mendengarkan bacaan hadis-hadis tentang iman
dari teman atau guru
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik
mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan
hubungan iman dan amalan yang diterima Allah SWT..
·
Secara berpasangan siswa bertanya tentan
iman dan amalan yang diterima
Mengeksplorasi
· Mencari
arti perkata dari hadis tentang iman
dan amal yang diterima Allah SWT.
· Secara
kelompok menggali informasi tentang isi kandungan hadis tentang iman dan amal
yang diterima Allah SWT, dari berbagai sumber; buku literatur,
jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari
contoh-contoh sikap yang sesuai dengan hadis tentang iman dan amal yang
diterima Allah SWT.
·
Mencari cara menulis yang benar, hadis
tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
Mengasosiasi
· Menghafal hadis tentang iman dan dan
amal yang diterima Allah SWT
· Menulis dan menterjemah
hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
· Melakukan diskusi tentang
isi kandungan hadis tentang
iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
· Mengidentifikasi perbuatan
yang sesuai dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT.
·
Menyusun kesimpulan kandungan hadis tentang iman dan dan amal
yang diterima Allah SWT. dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan paparan hasil diskusi dan analisis
keterkaitan kandungan hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima Allah
SWT.
·
Menangggapi paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan kandungan
hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
· Menyajikan
contoh perbuatan yang sesuai
dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan hadis- hadis pada
materi.
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kandungan hadis-hadis pada materi pokok
Tes
· Tes tulis
· Tes lisan
.
|
3 TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
SILABUS PEMBELAJARAN; AL-QUR’AN
HADIS
Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah, Kelas :
VII (Tujuh) Semester:
Genap
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensi
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.1
Meyakini pentingnya hukum
bacaan Qalqalah dalam Q.S.
al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
1.2
Menyadari pentingnya sikap tasamuh
1.3
Meyakini
pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
2.1 Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan
Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan
sehari-hari
2.2
Terbiasa
menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam
Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
2.3
Memiliki
sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S.
al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
·
Observasi
·
Catatan -Jurnal
·
Penilaian diri
·
Penilaian sejawat
·
Observasi
·
Catatan -Jurnal
·
Penilaian diri
·
Penilaian sejawat
|
|
|
3.1
Memahami
ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam
Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.1 Mempraktikkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98),
al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
3.1.1
Menyebutkan arti
hukum bacaan Qalqalah
3.1.2
Menjelaskan ciri-ciri
hukum bacaan Qalqalah
3.1.3
Mendiskripsikan
cara membunyikan hukum bacaan Qalqalah
3.1.4
Mengidentifikasi hukum
bacaan Qalqalah
3.1.5
Menyimpulkan
cara membaca bacaan Qolqolah
4.1.1 Mempraktekan bacaan Qolqolah
|
Hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98),
al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
Mengamati
· Mengamati penggalan ayat
yang mengandung hukum bacaan qalqalah
· Menyimak bacaan ayat yang mengandung hokum bacaan
qalqalah dengan baik dan benar
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru,
peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang
terkait dengan hukum bacaan qalqalah
· Secara
berpasangan saling bertanya tentang bacaan qalqalah
Mengeksplorasi
· Secara
kelompok menggali informasi tentang pengertian hukum bacaan qalqalah,
ketentuan hukum bacaan qalqalah dari berbagai sumber;
buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari
contoh-contoh
hukum bacaan qalqalah yang ada dalam
Al-Qur’an, khususnya Q.S.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian
informasi tentang hukum bacaan qalqalah
· Mengidentifikasi hukum
bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an.
· Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasi
· Mempresentasikan hokum
bancaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
· Menunjukkan contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
|
|
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. al- Kafirun
(109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang
toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad,
At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم
لجاره
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه
4.2
Mendemonstrasikan
sikap tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
|
3.2.1
Menterjemahkan surah al-Kafirun
3.2.2
Menjelaskan kandungan surah al-Bayyinah
3.2.3
Menterjemahkan hadis riwayat
Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
3.2.4
Menjelaskan isi kandungan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban,
Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a
3.2.5
Menyimpulkan hasil
kajian ayat atau hadis
4.2.1 Mensimulasikan sikap
tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
|
·
Ayat-ayat Al-Qur’an
tentang toleransi
-
QS. al-Kafirun (109)
-
QS. al-Bayyinah (89)
·
Hadis – hadis tentang
toleransi dalam berte-tangga:
- Hadis
riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar
r.a.
خير
الاصحاب عند الله يرهم لصاحبه وخير الجيران عند لله خيرهم لجاره
-
Hadis
riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه
|
Mengamati
· Mengamati gambar, foto,
tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
kerukunan dan keharmonisan di masyarakat
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru,
peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan
toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat
· Secara
berpasanangan siswa saling bertanya tentang toleransi beragama dan
keharmonisan di masyarakat
Mengexplorasi
· Menggali informasi dari berbagai sumber
tentang kandungan Q.S. al-Kafirun dan QS.
al-Bayyinah.
· Mencari informasi dari
berbagai sumber tentang terjemahan kata dan isi kandungan hadis
خير
الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Asosiasi
·
Secara berkelompok mendiskusikan dan
merumuskan hasil pencarian informasi tentang kandungan
QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Serta merumuskannya secara tertulis.
·
Mengidentifikasi sikap
tasammuh yang sesuai dengan isi kandungan
QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
· Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
Komunikasi
·
Mempresentasikan hasil pencarian informasi dan
diskusi kelompok tentang isi
kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
·
Memberikan tanggapan dari papararan tentang isi kandungan QS.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
·
Menunjukkan contoh sikap tasammuh yang sesuai dengan
isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS.
al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه
|
Tugas
Membuat dan melaku-kan sosiodrama tentang sikap
toleransi.
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah
dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan
ganda dan uraian
· Tes lisan untuk hafalan
ayat
Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri dan penilaian teman
sejawat.
|
4 TM
(8 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
3.3. Memahami isi kan-dungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr
(110) tentang problematika dakwah
4.3 Mendemosntrasikan
sikap istikomah Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai
isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)
|
3.3.1
Menjelaskan arti surah al-Lahab
(111)
3.3.2
Mendiskripsikan isi kandungan surah al-Lahab
(111)
3.3.3
Mengidentifikasi kandungan surah Nasr
(110) problematika dakwah
3.3.4
Menyimpulkan isi ayat al-Qur’an atau hadis tentang
dakwah
3.3.5
Mendiskripsikan sikap istiqomah Rasulullah dalam berdakwah
3.3.6
Mensimulasikan
sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah
|
·
Ayat-ayat Al-Qur’an
Tentang problematika dakwah
-
QS. al-Lahab
-
QS. an-Nasr
|
Mengamati
·
Mengamati gambar atau tayangan atau kisah tentang
problematika dan tangtangan dakwah.
·
Mencermati bacaan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru, mengajukan
pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait
dengan tantangan dan problematika dakwah
·
Secara berpasangan saling bertanya terkait dengan tantangan dan problematika
dakwah
Mengeksplorasi
· Menggali
informasi dari berbagai sumber tetang terjemahan kata dari Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menggali
informasi dari berbagai sumber tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Diskusi menyusun arti perkata
· Secara berpasangan menghafalkan Q.S. al- Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Secara
kelompok
Mengasosiasi
· Menganalisis, mengoreksi, dan
memperbaiki hasil terjemahan dari Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Mendiskusikan hasil
pengumpulan informasi dari beberapa sumber tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· merumuskan hasil penggalian informasi
tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Mengidentifikasi sikap istikomah Rasulullah
SAW. dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·
Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan
bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·
Menanggapi paparan kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·
Menunjukkan contoh sikap istikomah
Rasulullah SAW dalam berdakwah.
|
Tugas
·
Membuat esai terkait biografi tokoh-tokoh penentang
dakwah
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang kandungan Q.S. al-al-Lahab dan QS. an-Nashr
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan
ganda dan uraian
· Tes Lisan hafalan Q.S. al-Lahab dan QS.
an-Nasr
Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri dan penilaian teman
sejawat.
|
3TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
Bandung, 17 Juli 2014
TIM PENYUSUN SILABUS
Terima kasih, semoga barokah dan bermanfaat bagi kami. Amin.
BalasHapus